Semua badan tenaga Kerja dan Perindustrian di daerah padang mereka melatih puluhan pencari kerja dengan pelatihan khusus yaitu desain grafis dalam penyiapan tenaga kerja berbasis kompetensi di tempat LPK Prima Data, Sekitar 20 anggota tenaga kerja yang dilatih ini masuk dalam radar basis data terpadu (BDT) daerah Kota Padang dilaksanakan, 9 hingga 31 Maret 2020.

Tujuan dan rancangan latihan ini dilaksanakan yaitu dalam proses meningkatkan keterampilan dan kompetensi calon tenaga kerja pencari kerja di daerah Kota Padang agar lebih meningkat daya saingnya di pasar kerja dan segera tersebar sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran di kota ini,” ujar Kadisnakerin Padang Yunisman didampingi Kabid Penta Lattas Yose Rizal.

Dikatakan Yunisman, sasaran pelaksanaan pelatihan ini adalah pencari kerja yang terdaftar di Disnakerin Padang dan juga terdaftar di BDT Kota Padang. Selain itu untuk mencapai standar kompetensi peserta pelatihan. Sedangkan, instruktur Narasumber dari Disnakerin serta instruktur dari LPK Prima Data.

Dikatakan Yunisman, kondisi umum tenaga kerja di kota ini sangat kompleks dan multi dimensi. Masalah tersebut tidak berdiri sendiri tetapi saling berkaitan dengan aspek lain seperti jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan yang tinggi, struktur umur muda dan kualitas yang rendah. Sementara itu perluasan kesempatan kerja masih belum memadai.

Baca juga : 5 kiper terbaik dunia di era modern

Pada tahun 2020 nanti dunia industri mulai memasuki tahapan yang disebut era industry 4.0. yaitu trend otomatis industri dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur yang mana di dalamnya termasuk teknologi cloud computing, cyber-physical system dan internet of things (iot).

Sejumlah profesi pasti hilang dan sejumlah sektor dipastikanpula akan terdampak. Bagi Disnakerin permasalahan ini cukup serius mengingat problem besar demografi dan mengenai struktur ekonomi sangat padat yang dihadapi.

Maka dari itu, langkah program lain, memberikan bimbingan, penyuluhan tentang bagaimana memperoleh kesempatan kerja. Peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja melalui pelatihan kompetensi.

Kemeudian, paket pelatihan desain grafis ini bisa diserap pasar kerja, sehingga bisa menekan angka pengangguran dan mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat. Melaporkan kepada dinas dimana peserta ditempatkan untuk bekerja sebagai bahan evaluasi bagi Disnakerin untuk pelaksanaan kegiatan pada tahun berikutnya.

0 Response to " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel